Senin, 26 Desember 2011

Mengenal Varian Pasta

Pasta adalah makanan tradisional Italia. Aslinya, pasta terbuat dari durum, atau tepung semolina yang dicampur dengan telur dan air, dibentuk menjadi mi dan dimasak menggunakan bumbu saus sebelum akhirnya dihidangkan untuk disantap.
Namun, di luar yang kita kenal, pasta ternyata banyak variannya. Tak hanya bentuk dan ukuran, pasta juga dipilah berdasar bahan pembuatnya dan rasanya. Juga, ada pasta kering dan basah, alias segar.
Semua, punya keunggulan masing-masing. Jika pasta kering lebih tahan lama, pasta basah atau segar lebih enak rasanya.


Ukuran
Ada ratusan ukuran dan bentuk pasta. Ada yang berbentuk panjang seperti yang jamak kita kenal, atau berbentuk makaroni, hingga seukuran beras. Beberapa jenis pasta juga diberi nama berdasar bentuknya. Pasta linguine, misalnya, merujuk pada bentuknya yang mirip lidah tapi kecil ukurannya; ouscous, adalah pasta yang dibuar mirip kita membuat cendol; dan gnocchi yaitu pasta yang terbuat dari kentang.



Rasa
Pasta juga dipilah berdasar varian warna dan rasa. Yang paling terkenal adalah pasta hijau, yang dibuat dengan mencampurkan ekstrak bayam, pasta merah dengan mencampur tomat saat membuatnya, dan pasta hitam yang dibuat dengan mencampurkan 'tinta' cumi-cumi.
Ada juga pasta yang dibuat dengan mencampurkan jalapeno, paprika hijau khas Meksiko hingga pasta jamur.


Pasta non-terigu
Pasta ini khusus diciptakan bagi mereka yang alergi pada gluten, bahan yang ada pada terigu. Pasta buckwheat adalah pasta yang bebas gluten. Ada juga pasta yang terbuat dari beras dan bahan non-terigu lainnya.

Pasta sehat
Karena terbuat dari terigu, maka pasta umumnya mengandung karbohidrat dan memiliki indeks glikemik yang tinggi. Kini, produsen pasta membuat varian yang mereka sebut lebih menyehatkan, terbuat dari gandum utuh sehingga lebih kaya serat dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.


Pasta diperkaya
Pasta, kendati nantinya disajikan dengan suas dan biasanya ditambah potongan daging dan keju mezarella, banyak yang diperkaya. Caranya, dalam adonannya ditambahkan keju, herbal, atau bahan-bahan klasik Italia lainnya. Di Italia dikenal ada pasta Agnolotti, yaitu pasta yang diperkaya dengan bahan yang disebut  mezzaluna.

sumber : 
REPUBLIKA.CO.ID

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar