Selasa, 08 Maret 2011

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma sepertinya sudah tidak asing lagi dikuping masyarakat bahwa universitas ini adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Tapi apakah anda tahu tentang Universitas Gunadarma? Disini akan dijelaskan bagaimana sejarah Universitas Gunadarma, Arti Lambang,Visi dan Misi,dll.



Sejarah.

Berawal dari Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operatonal Research Matematika (SAOR Matematika) pada tanggal 7 Agustus 1981 berdirilah Program Pendidikan Ilmu Komputer(PPIK). Memulai kuliah perdananya tanggal10 Agustus 1981. Nah pada tanggal 9 September 1983 berganti nama dari PPIK menjadi ASKI (Akademi Sains dan Komputer Indonesia). 9 JUli 1984 SAOR berganti nama menjadi Yayasan Gunadarma, lalu10 Juli 1984 ASKI menjadi STKG(Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma). Pada tanggal 28 September 1984 STKG menyelenggarakan wisuda pertamanya untuk strata sarjana muda.

Karena tuntutan banyaknya mahasiswa maka didirikanlah kampus Pondok Cina, Depok dengan peletakkan batu pertama pada tanggal 9 Maret 1985. Pada tanggal 5 Oktober 1985 Berdirilah STMIK Gunadarma dengan wisuda pertama STMIK Gunadarma tanggal 24 Januari 1997. 3 tahun kemudian selain ada STMIK Gunadarma didirikan pula STIE Gunadarma dengan program jurusan akuntansi dan Manajemen tepatnya tanggal 13 Januari 1990.

Perkembangan Gedung Kampuspun berjalan dengan menambah kampus di Salemba pada tanggal 8 Febuari 1989 dan Kampus Kelapa Dua pada tanggal 28 Maret 1991. Pada tanggal 3 April 1996 berdirilah Universitas Gunadarma. 

Hingga saat ini perkembangan Universitas Gunadarma bisa dibilang cukup pesat, dengan pengajaran berbasis teknologi informasi menjadikan Gunadarma menjadi salah satu Perguruan Tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Menurut webometrics.info bulan Juli 2010 Universitas Gunadarma menempati peringkat 4 Nasional dibawah UGM,ITB dan UI dan bisa dikatakan PTS terbaik di Indonesia.



Visi

Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai ujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).
4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon perubahan yang terjadi.

 Arti Lambang Universitas Gunadarma 



Layaknya lambang pancasila, Gunadarma juga memiliki 5 arti dari lambang ini, yaitu :

1. Tangkai Obor yang Berdiri Tegak
Ini melambangkan adanya keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa

2. Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
Diibaratkan sebagai suatu wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam

3. Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmudan menyumbangkannya kepada masyarakat

4. Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu
Suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan

5. Bingkai Segi Lima
Lambang ini menyatakan bahwa Univertsitas Gunadarma berazaskan Pancasila

:: Untuk info selanjutnya bisa dilihat di web Universitas Gunadarma  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar